2.970 Rumah Hancur
Akibat Erupsi Semeru

Bantu relokasi dan wujudkan tempat tinggal lebih amanuntuk mereka korban terdampak Erupsi Semeru, Lumajang.

Pasca erupsi 4 Desember 2021 lalu, lebih dari 10.000 orang mengungsi dan 2.970 rumah rusak parah

Pusat pengungsian terpusat di 3 Kecamatan, yaitu Pasirian, Candipuro, dan Pronojiwo

Dusun Curah Kobokan dan Kajar Kuning jadi yang paling terdampak

Berjarak kurang lebih 12 kilometer dari Semeru, Curah Kobokan dan Kajar Kuning jadi 2 dusun paling terdampak. Ribuan rumah, masjid, dan sekolah rusak parah

“Saya belum ngeliat kondisi rumah lagi, trauma. Kalo ingat waktu ngumpulin bertahun-tahun buat bangun rumah, akhirnya engga sampai satu jam, mungkin cuma tiga menit, semuanya habis”,
kenang Ibu Sinem – Warga Curah Kobokan

Jadi dusun mati pasca erupsi Semeru

Pasca luluh lantak terkena erupsi, Curah Kobokan dan Kajar Kuning ditetapkan sebagai zona merah dan jadi dusun mati yang ditinggalkan warganya.

Ribuan warga dihimbau meninggalkan tempat tinggal dan direloksi demi keselamatan.

Bertahan di pengungsian

Di tengah cuaca terik siang hari dan hujan menjelang sore hingga malam, ribuan pengungsi juga harus bertahan di tengah keterbatasan tempat tidur, toilet, mushola, sumber listrik, hingga tempat mencuci pakaian.

Meski terhitung tidak nyaman, tempat ini menjadi pilihan lebih baik untuk mereka yang kehilangan tempat tinggal. 

Patungan Bangun Huntara (Hunian Sementara)
untuk Mereka yang Terdampak

Di tengah keterbatasan, percepatan relokasi jadi pilihan terbaik untuk memulai kembali kehidupan warga terdampak. Berlokasi di Desa Sumber Mujur, seluas 81 hektar lahan dipersiapkan untuk membangun 2.900 Huntara.

Barang siapa melapangkan seorang mukmin dari satu kesusahan dunia, Allah akan melapangkannya dari salah satu kesusahan di hari kiamat. Barang siapa meringankan penderitaan seseorang, Allah akan meringankan penderitaannya di dunia dan akhirat. Barang siapa menutupi (aib) seorang muslim, Allah akan menutupi (aib)nya di dunia dan akhirat. Allah akan menolong seorang hamba selama hamba itu mau menolong saudaranya.” (HR. Muslim).

Melalui Program #PrayForSemeru, Dompet Dhuafa mengajak Anda jadi bagian kebaikan, bahu membahu bangun Huntara seluas 6×4.8 meter persegi untuk ribuan warga terdampak.