BANTU KORBAN
ERUPSI SEMERU

Warga berlarian selamatkan diri saat Gunung Semeru erupsi pada Sabtu (04/12) pukul 13.30 WIB. 1 orang meninggal dunia dan 10 lainnya luka-luka. Ayo segera kirimkan bantuan!

Gunung Semeru yang terletak di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur mengalami erupsi pada Sabtu (04/12) sekitar pukul 15.00. Gunung tersebut mengeluarkan asap pekat berwarna abu-abu berukuran besar, turun mengarah ke Curah Kobokan, Lumajang. Dua Kecamatan yang terdiri dari 8 Desa terdampak akibat keajdian ini. Saat ini Masyarakat yang terdampak telah mengungsi ke beberapa titik pengungsian.

Guncangan akibat erupsi gunung sudah terasa beberapa kali mulai Jumat (3/12/2021) sekitar jam 12 malam sampai Sabtu pagi. Saat ini keadaan di Pronojiwo dan Candipura gelap gulita akibat semburan asap tebal Gunung Semeru.

Berdasarkan data pantau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG),  guguran awan panas erupsi Semeru terpantau mengarah ke daerah Besuk Kobokan, Desa Sapiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Hingga pukul 16.00 WIB, dua kecamatan dilaporkan gelap gulita karena tertutup abu vulkanik, yaitu Kecamatan Pronojiwo dan Candipuro.Warga di radius 1 kilometer dari Gunung Semeru telah dihimbau untuk mengevakuasi diri untuk menghindari material erupsi yang dapat mengancam nyawa.

Beberapa warga masih ada yang terjebak di dalam rumah dan rumahnya hancur namun ada juga yang sudah berada di tempat pengungsian. Abu vulkanik juga menyebabkan beberapa warga mengalami luka bakar, beberapa puskesmas penuh pasien dengan luka bakar.

Saat ini Masyarakat terdampak membutuhkan kebutuhan darurat seperti Makanan Siap Saji, Sembako, Air Mineral, Pakaian Bayi, Terpal, Obat-obatan, Masker, Popok serta pembalut. Sahabat mari saling mendoakan dan menguatkan

Ayo segera kirimkan bantuan untuk saudara kita yang terdampak Erupsi Semeru!