KABAR
KEBAIKAN

Informasi dan Berita Terkini Seputar Dompet Dhuafa Jawa Timur

Dompet Dhuafa Jatim Kembali Laksanakan Pelatihan Penguatan Sumber Daya Petani Belimbing

Bagikan Kebaikan Ini »

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Tulungagung, 29 Maret 2022. Dompet Dhuafa Jawa Timur kembali melaksanakan pelatihan penguatan SDM petani di wilayah Desa Bono Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Kegiatan ini dihadiri oleh 14 peserta yang semuanya petani muda. Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas petani muda dalam mengembangkan budidaya belimbing organik di wilayah tulungagung.

Dari data yang dihimpun dari kelompok tani setempat, penyerapatan pasar buah belimbing melalui pengelolaan desa wisata per bulan mencapai 8 ton, akan tetapi saat ini masih terkendala kekurangan buah, sehingga sebagian petani mendatangkan belimbing dari tempat lain. Udin (47 th) ” ini PR kita semua, belimbing Tulungagung memiliki kekhasan sangat manis ini harus dijaga “. kata beliau selaku petani senior belimbing diwilayahnya.

Lanjut Udin, ” saya menyadari bahwa akan ada waktunya regenerasi petani, maka saya berharap melalui kegiatan pelatihan ini mampu melahirkan kader-kader petani muda yang handal. Melek teknologi dan tetap menjaga kelesetarian alam dengan menerapkan budidaya pertanian yang ramah lingkungan “.

Senada dengan pandangan Udin, Kholid Abdillah Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jawa Timur berkata ” Jangan malu menjadi petani, kita harus bisa berinovasi dan kreatif. Dompet Dhuafa berkomitmen mendampingi para petani muda untuk berdaya dan harapannya setelah nanti berhasil, petani yang didampingi saat ini juga mampu mengajak petani muda lainya untuk berdaya dibidang pertanian, khususnya budidaya belimbing organik “.