KABAR
KEBAIKAN

Informasi dan Berita Terkini Seputar Dompet Dhuafa Jawa Timur

Kado Akhir Tahun Bukalapak dan Dompet Dhuafa Bangkitkan Senyum Penyintas Bencana APG Semeru

Bagikan Kebaikan Ini »

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

LUMAJANG, JAWA TIMUR — Pada Selasa (4/1/2022), Bukalapak dan Dompet Dhuafa berupaya bangkitkan senyuman penyintas bencana awan panas guguran (APG) Semeru dengan memberikan 35 paket sembako Kado Akhir Tahun. Adapun titik distribusi merupakan penyintas warga terdampak yang mengungsi di Dusun Krajan dan Dusun Pancut di Desa Kloposawit, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.

Bencana APG Semeru yang terjadi pada 4 Desember 2021 lalu menyisakan banyak luka bagi warga Lumajang. Tercatat data yang dikumpulkan oleh Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa  per 27 Desember 2021 ada 51 jiwa meninggal dunia, jumlah warga mengungsi berjumlah 10.400 jiwa, yang tersebar di 410 titik pengungsian.

Pengungsian terkonsentrasi di 3 kecamatan, yaitu Pasirian 17 titik dengan 1.746 jiwa, Candipuro 21 titik 4.645 jiwa dan Pronojiwo 8 titik 1.077 jiwa. Sedangkan di luar Kabupaten Lumajang, pengungsian berada di Kabupaten Malang 9 titik 341 jiwa, Blitar 1 titik 3 jiwa, Jember 3 titik 13 jiwa dan Probolinggo 1 titik 11 jiwa. Kemudian sebanyak 2.970 rumah, 25 fasilitas pendidikan dan 47 fasilitas umum terdampak.

“Kita membuka tangan selebar-lebarnya bagi mitra yang ingin turut serta dalam program kebaikan membantu penyintas bencana APG Semeru. Selain logistik DMC Dompet Dhuafa juga tengah fokus mengerahkan program-program paska bencana (recovery) salah satunya ialah pembuatan sumur bor dan hunian sementara kerja sama dengan pemerintah daerah Lumajang. Semoga sinergi ini tetap terjaga hingga ketika kita kembali ke Lumajang, kehidupan masyarakat sudah kembali atau lebih baik lagi dibandingkan seusai turunnya APG Semeru,” pungkas Haryo Mojopahit selaku Chief Executive DMC Dompet Dhuafa.

Berdasarkan laporan per 27 Desember, DMC Dompet Dhuafa telah memberikan layanan bagi penyintas bencana APG Semeru berupa SAR-Evakuasi, Pos Hangat (1.150 penerima manfaat), Dapur Umum (3.323 penerima manfaat), Dapur Keliling (1.300 penerima manfaat), Layanan Kesehatan (1.603 penerima manfaat), Pojok Laundry (175 penerima manfaat), Psychological First Aid /PFA (416 penerima manfaat), Potong Rambut (14 penerima manfaat), dan layanan WASH berupa pemberian tempat sampah serta Aksi Bersih Itu Sehat dengan total penerima manfaat mencapai 367 orang.

Selain itu DMC Dompet Dhuafa juga membantu bangun Sumur Bor di Kajang Kosong, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro. Tidak lupa juga, Dompet Dhuafa terpilih menjadi salah satu mitra dalam pembuatan hunian sementara (huntara) yang digagas oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Lumajang.

Ibu Ulum salah satu penerima manfaat Kado Akhir Tahun menuturkan banyak terima kasih atas bantuannya. Hingga kini mendiang suaminya belum ditemukan, almarhum suami merupakan buruh tambang yang bekerja di Penambang H. Satuhan. Ibu Ulum sudah memberikan DNA anak mereka untuk segera identifikasi korban-korban yang sudah ditemukan. Namun hasilnya masih nihil.

“Terima kasih para pengguna bukadonasi Bukalapak,” pungkasnya. (Dompet Dhuafa Jatim / Aldhi)