fbpx

Layanan Donatur

Tim DMC Dompet Dhuafa Lakukan Giat Respon Tanggap Bencana Pasca Banjir Lahar Dingin dan Longsor di Lumajang

Snapinsta.app_437583815_18405954907068378_7648945499842899448_n_1080

Bagikan kabar ini

Lumajang, 22 April 2024 – Tim DMC Dompet Dhuafa Jatim segera merespon banjir yang melanda Kelurahan Jogoyudan, Kecamatan Lumajang. Kejadian ini terjadi setelah hujan deras mengguyur wilayah tersebut, menyebabkan aliran air meluap dan merendam beberapa rumah warga.

Koordinasi cepat dilakukan antara tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang dan pihak terkait lainnya. Tim DMC Dompet Dhuafa Jatim segera melakukan assessment terhadap dampak banjir dan menyusun rencana aksi untuk membantu warga yang terdampak.

Tim bersama relawan gabungan lainnya segera melakukan pembersihan lumpur di sekitar rumah warga. Setidaknya 20 Kepala Keluarga (KK) terkena dampak langsung dari banjir ini. Proses pembersihan berjalan lancar, namun tim menghadapi tantangan karena endapan lumpur yang cukup tebal.

Selain itu, TIM DMC Dompet Dhuafa Jatim juga mendirikan Pos Hangat untuk memberikan bantuan kebutuhan dasar kepada warga setempat yang terdampak bencana. Koordinasi juga dilakukan dengan aparat keamanan setempat untuk mengatur lalu lintas dan memastikan keselamatan warga selama proses pembersihan berlangsung.

Seorang warga setempat, mengatakan bahwa banjir terjadi secara tiba-tiba dan menyebabkan kerusakan pada perabotan rumah tangganya

Tim DMC Dompet Dhuafa jatim akan terus memantau situasi dan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk memberikan bantuan lebih lanjut kepada warga terdampak. Upaya ini termasuk dalam rangkaian langkah mitigasi bencana yang dilakukan oleh pemerintah daerah dan para relawan untuk mengurangi risiko bencana di masa depan

Tunaikan Kebaikanmu disini