KABAR
KEBAIKAN

Informasi dan Berita Terkini Seputar Dompet Dhuafa Jawa Timur

Semeru Erupsi Lagi, Tetap Bergandeng Tangan Saling Menguatkan Pengungsi

zakat

Bagikan Kebaikan Ini »

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

LUMAJANG, JAWA TIMUR — Sempat mereda meski berstatus Waspada, Gunung Semeru kembali erupsi pada Kamis (16/12/2021) pagi kemarin. Awan panas guguran terpantau kembali keluar dari perut Semeru pada pukul 09.30 WIB. Peristiwa itu membuat warga dan sejumlah relawan yang tengah melakukan pencarian korban, panik berlarian.

Guguran awan panas dengan cepat menyeruak, membawa material vulkanik dan menyebabkan hujan abu sampai ke Desa Sumber Wuluh yang berjarak 17 kilometer dari Semeru. Alhamdulillah, sebanyak 50 warga di desa tersebut berhasil dievakusi Tim Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa bersama para Tim SAR gabungan

Kabar erupsi susulan Semeru menambah rentetan berita duka dewasa ini. Semoga rahmat Allah SWT senantiasa menjaga kita semua termasuk para korban dan relawan di lokasi. Hingga berita ini dibuat, Dompet Dhuafa masih ikhtiar membersamai di lokasi erupsi, dalam kebaikan yang terus kami upayakan untuk mereka yang terdampak erupsi Semeru di pengungsian.

Selain menggulirkan tim evakuasi, medis, PFA (Psychological First Aid), DARLING (Dapur Keliling), serta mendirikan Pos Hangat, Tim Respon DMC Dompet Dhuafa turut menggulirkan program respon bantuan seperti:

– Taman Ceria

Sebagai upaya menghilangkan trauma bencana pada anak-anak, tim relawan mendirikan Taman Ceria yang berlokasi di Kp. Kebondeli, Desa Sumber Wuluh untuk fasilitas bermain anak-anak selama di pengungsian. Di taman ini, anak-anak bisa bermain dan melakukan hal-hal yang mereka sukai seperti menggambar, mewarnai, juga bernyanyi.

– Corner Gizi (COZI)

COZI merupakan program lanjutan Dapur Umum yang sudah diinisiasi oleh tim relawan sejak respon hari pertama. Program ini bertujuan menyediakan makanan sehat dan bergizi seimbang untuk para pengungsi secara mobile. Setiap harinya, sebanyak 50 porsi makanan sehat dibagikan untuk para pengungsi.

– Pojok Laundry

Penyediaan mesin cuci untuk membantu para pengungsi mencuci pakaian sekaligus menjaga kebersihan diri agar tetap sehat selama masa pengungsian.

– Aksi Bersih Pengungsian Semeru

Bersama DKLH (Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup), tim relawan DMC Dompet Dhuafa melakukan aksi bersih-bersih sampah di sekitar pos pengungsian Candipurwo. Aksi ini dilakukan sebagai pencegahan penyebaran penyakit yang bersumber dari sampah-sampah yang bertumbuh di sekitar posko pengungsian.

Sahabat, dukungan dan sinergi kita sangat berarti. Berani baik dengan ikut bantu penuhi kebutuhan darurat warga yang terdampak bisa kita lakukan dengan berdonasi melalui dompetdhuafajatim.org/erupsi-gunung-semeru . (Dompet Dhuafa Jawa Timur / Markom / Aldhiansyah)