KABAR
KEBAIKAN

Informasi dan Berita Terkini Seputar Dompet Dhuafa Jawa Timur

Dompet Dhuafa Terus Beri Semangat Kepada Para Penyintas Erupsi Semeru

Bagikan Kebaikan Ini »

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

LUMAJANG, JAWA TIMUR — Usai menghadiri acara Launching Program Mina Padi dan Program Daur Ulang Sampah di Bantul, Sekretaris Pengurus Yayasan Dompet Dhuafa, Yayat Supriyatna, dan Direktur Pemberdayaan & Pengembangan Ekonomi, Doni Marlan, langsung bertandang ke Pos Respon Semeru Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa yang berada di Lumajang. Agenda tersebut dilakukan untuk menyapa para penyintas erupsi gunung Semeru yang sedang mengungsi guna memberikan semangat supaya terus berusaha memulihkan aktivitas bersama para tim DMC.

Bersamaan dengan itu, Direktur Dakwah, Budaya & Pelayanan Masyarakat, Ahmad Shonhaji, usai menghadiri Peringatan Hari Ibu oleh para Pelestari Budaya di Suluk Nusantara, juga langsung bertandang ke Pos DMC di Lumajang. Juga Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jawa Timur, Kholid Abdillah, usai penyaluran Kado Pangan untuk sebuah pesantren di Ponorogo, langsung menuju pos.

Setelah lengkap berkumpul di pos, pada Jum’at (24/12/2021), para petinggi aksi kemanusiaan Dompet Dhuafa tersebut menyapa beberapa titik intervensi aksi para relawan Dompet Dhuafa. Mulai dari Dapur Umum, Dapur Keliling, Pos Gizi Sehat, Pos Relawan Mengajar, Pos Kesehatan, Pos Pengadaan Air Bersih, hingga Taman Bermain.

“Kami memberikan respect kepada para relawan yang melakukan aksi sejak hari pertama terjadi erupsi hingga hari ini pun masih berlangsung. Segala bentuk respon dan aksi Dompet Dhuafa yang telah dilakukan, mulai evakuasi, dapur umum, pelayanan medis, sekolah ceria, hingga pengadaan air bersih merupakan upaya untuk membantu meringankan beban fisikal dan mental para penyintas yang terdampak,” ucap Sonhaji.

Di samping itu, Kholid Abdillah mengatakan akan terus memberikan upaya menggandeng para penyintas. Bersama dengan Pemerintah Kabupaten Lumajang, Dompet Dhuafa telah mendiskusikan lebih lanjut rencana-rencana tahap recovery. Salah satunya dengan akan dibangunnya Huntara di tempat relokasi yang sedang disediakan oleh pemerintah daerah.

Sejalan dengan program-program Dompet Dhuafa dan DMC, Dhuafa Jawa Timur akan terus membersamai para penyintas dan mendukung Pemkab Lumajang untuk melakukan relokasi. Tingga minggu telah berlalu, banyak warga yang mulai tidak nyaman di pengungsian. Selain itu juga dikhawatirkan semakin banyak berkembang penyakit di pengungsian karena harus berdesak-desakan.

“Saatnya untuk memikirkan kehidupan mereka berikutnya. Mohon doanya supaya dapat segera terealisasikan sehingga mereka dapat tempat yang layak untuk beraktivitas,” tandas Kholid. 

Sahabat, dukungan dan sinergi kita sangat berarti. Berani baik dengan ikut bantu penuhi kebutuhan darurat warga yang terdampak bisa kita lakukan dengan berdonasi melalui dompetdhuafajatim.org/erupsi-gunung-semeru . (Dompet Dhuafa Jawa Timur / Markom / Aldhiansyah)